• Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi

  • Telp / Fax(0752) 625737

  • Email info@umsb.ac.id

Penyerahan sertifikat Internasional kegiatan Training Of Trainers (TOT) Bulding Information Modelling (BIM) kepada Dosen Fakultas Teknik UMSB

[Humas-UMSB] Padang. Penyerahan sertifikat Internasional pada kegiatan Of Trainers Trainers (TOT) Bulding Information Modelling (BIM) bidang Teknik Sipil yang dikeluarkan oleh TRIMBLE Singapore kepada Dosen Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB).

Sertifikat itu untuk keahlian Bulding Information Modelling yang di ikuti sebanyak 50 orang peserta, yang bertempat di  Fakultas Teknik Sipil Unand, pada tanggal  6 - 9  Agustus  2019.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR bekerjasama dengan TRIMBLE menggunakan software TEKLA untuk memasyarakatkan BIM ke dunia industri konstruksi. Dengan Revolusi Industry 4.0 maka seluruh aspek yg ada kaitan dengan proses pembangunan di Indonesia menggunakan software ini secara umum pada th 2023 jadi sekarang ini PUPR sedang menggalakkan kegiatan training penggunaan software TEKLA sebagai Building Information Modelling (BIM).

Peserta yg lulus test internasional akan ditugaskan utk mengembangkan program ini di seluruh Indonesi.

Bapak Fauzan Fauzan Saidal S.T. Technical Consultant at Trimble Solutions Indonesia sekaligus Narasumber mengatakan, “Software  TEKLA yang dikeluarkan oleh perusahaan TRIMBLE, untuk benua asia yang berpusat di Singapore dan  digunakan  pada  kegiatan TOT BIM, merupakan jawaban  dari  Revolusi  Industri  4.0  untuk  mengurangi kerugian  waktu,  material  dan  tenaga  kerja  yang  dibutuhkan  dalam sebuah  proyek  pembangunan”. Ujarnya

Software  ini juga  dapat bekerja  sama dengan  software  lain  seperti  Autocad,  Sketchup ,  3D Max  untuk  menghasilkan  sebuah  dokumen  perenc        anaan  yang  matang  dan  terintegrasi.

            “Para  peserta  dilatih untuk menggunakan  software  ini,  agar  bisa  diteruskan kepada  mahasiswa  Teknik  Sipil. Para  peserta  juga  diajarkan cara  mendapatkan  output  gambar  kerja,  time  schedule,  dan anggaran  biaya  proyek  dalam satu  kegiatan.  Setelah  proses  pembelajaran  maka  peserta  ikut  international  examination ( UJIAN INTERNASIONAL) yang sertifikatnya dikeluarkan oleh TRIMBLE SINGAPORE agar  kemampuan  yang  didapat peserta  bisa  diakui secara Internasional”. Tutup Fauzan.

Rektor UMSB Dr. Riki Saputra, MA mengapresiasi atas pencapaian prestasi yang di miliki oleh dosen Fakultas Teknik dengan raihan masuk 22 besar dari 50 peserta, dan akan ditugaskan untuk mengembangkan program ini di seluruh Indonesi. Ujarnya.

"Dan ini juga salah satu pemicu bagi dosen-dosen yang ada di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat ( UMSB) agar selalu mengukir prestasi dan membawa nama UMSB ke-tingkat Nasional maupun Internasional", tambahnya.

Sementara itu, Ir. Ana  Susanti Yusman, M.Eng, selaku peserta yg lulus test Trainers Trainers (TOT) Bulding Information Modelling (BIM) sekaligus Dosen Fakultas Teknik UMSB, mengatakan, “Kegiatan ini  dibiayai  oleh PUPR dalam rangka mensosialisasikan BIM  (Building Information Modelling)  bagi dosen-dosen Teknik Sipil  se -Sumatera  karena ada juga  peserta  dari Medan  dan Pekan  baru .  BIM  ini  akan  digunakan  secara  serentak  di  seluruh  Indonesia pada  tahun  2023  untuk  proses  pembangunan  proyek”.

“Fakultas Teknik jurusan Teknik Sipil UMSB akan mengembangkan ilmu ini kepada civitas akademika UMSB dan pihak lain yang membutuhkan”. Bukittinggi (29/11/2019)