• Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi

  • Facebook Fakultas Teknik Umsb

  • Instagram Fakultas Teknik UMSB

Fakultas Teknik UMSB Melaksanakan Pelatihan Pengisian Sister Dosen

Bukittinggi, FTUMSB – Dalam rangka meningkatkan kualitas dosen dan persiapan ReAkreditasi jurusan Teknik Sipil dan Teknik Mesin tahun 2022. Pelatihan penginputan data di Sister Dosen dilaksanakan di Hall Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc., M.Ag. (Sabtu, 20/02/2021)

SISTER merupakan singkatan dari Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi, yang mana SISTER ini adalah program dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang diluncurkan melalui Dirktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti.

Wakil Dekan Fakultas Teknik UMSB Hariyadi, M.Kom mengatakan “dalam persiapan ReAkreditasi dibutuhkan kualifikasi dosen minimal lima orang yang sesuai dengan bidang ke ahlian dan rasio dosen dengan mahasiswa juga harus seimbang serta data-data dari dosen dimasukkan ke Sister, saat ini pengisian data sister diharapkan diinput secara mandiri oleh Dosen”.

Sebelum adanya Sister (Sistem Informasi Sumber Daya Terintegrasi), di lingkungan UMSB Setiap Perubahan data Dosen harus Melapor ke Operator PD DIKTI Universitas. Namun Sekarang, Setiap Perubahan Data bisa dilakukan oleh Dosen melalui Akun SISTER Masing-Masing. SISTER memberikan hak akses kontrol penuh kepada Dosen atas data mereka masing-masing, dimana Dosen dapat mengubah dan memperbarui data mereka sesuai dengan data terbaru dengan mudah, dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kualitas data dalam rangka pembuatan kebijakan pengembangan SDM yang tajam dan relevan.

Aplikasi SISTER yang keluarkan oleh Kemenristekdikti menjadi sebuah bentuk dukungan terhadap tugas dan fungsi Direktoral Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dalam upaya penggunaan teknologi informasi terutama di lingkungan institusi pendidikan tinggi. Data pendidik seperti Dosen dibutuhkan karena memiliki banyak informasi kaitannya dengan penerapan Tridharma Perguruan Tinggi. Informasi tersebut diantaranya berupa latar belakang pendidikan, aktivitas pengajaran, aktivitas penelitian, aktivitas pengabdian kepada masyarakat, dan aktivitas pendukung untuk bisa di input ke dalam sistem. Sistem aplikasi SISTER membuat Dosen dapat membangun, mengedit, dan menambahkan data untuk melengkapi portofolionya., Tambah Wakil Dekan Hariyadi, M.Kom

Acara yang dihadiri oleh Dosen di Lingkungan Fakultas Teknik dengan harapan setelah pelatihan ini semua Dosen mampu mengakses dan semakin familiar dengan sistem ini dan mampu melakukan update portofolio masing-masing secara mandiri.