• Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi

  • Facebook Fakultas Teknik Umsb

  • Instagram Fakultas Teknik UMSB

Workshop Penyusunan Kurikulum Kampus Merdeka di Fakultas Teknik UM Sumbar

Bukittinggi, FTUMSUMBAR – Fakultas Teknik UM Sumbar mengadakan Workshop penyusunan kurikulum kampus merdeka yang akan diterapkan di Fakultas Teknik UM Sumbar secara daring zoom meeting yang menjadi narasumber Bapak Welly Yandi, S.Pd., M.T Dosen Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung.

Kegiatan ini diikuti oleh Dekan Fakultas Teknik UM Sumbar Masril, M.T, Wakil Dekan Fakultas Teknik UM Sumbar Hariyadi, M.Kom. Kaprodi Teknik Mesin, Sipil dan Elektro, Beserta Dosen dilingkungan Fakultas Teknik UM Sumbar, Rabu 09 Juni 2021.

Kampus Merdeka merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil.

Adanya konsep belajar merdeka tentunya bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk belajar diluar kampus. Konsep tersebut terus dikembangkangkan oleh kemendikbud sebagai upaya untuk mendapatkan calon pemimpin masa depan yang berkualitas. Konsep ini pada dasarnya menjadi sebuah lanjutan dari sebuah konsep yang sebelumnya yaitu merdeka belajar.

Dalam penerapannya, konsep ini nantinya mahasiswa akan diberikan keleluasaan selama dua semester pada program belajarnya untuk melakukan kegiatan diluar kelas. Konsep ini pada dasarnya menjadikan mahasiswa untuk lebih bersosialisasi dengan lingkungan diluar kelas. Tujuan dari penerapan kampus yang merdeka adalah agar mahasiwa nantinya memiliki kemampuan untuk menguasai beragam keilmuan yang berguna didunia kerja nantinya.

Pada kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Teknik UM Sumbar Masril, S.T., MT mengatakan sehubungan dengan workshop penyusunan kurikulum kampus merdeka harapannya dengan adanya kegiatan workshop ini bisa mempercepat penyelesaian kurikulum Fakultas Teknik yang mengacu kurikulum Kampus Merdeka yang insya Allah akan bisa diterapkan pada tahun ajaran baru 2021/2022 di 3 (tiga) prodi yang ada di Fakultas Teknik.