VISI
“Menjadikan program studi unggul dalam pengembangan bidang Manufaktur, Material, Konstruksi dan Energi yang berwawasan global. berjiwa enterpreneur, berbasiskan kearifan lokal berlandaskan Al-Islam Kemuhammadiyahan untuk kesejahteraan Ummat ”
MISI
1. Mengadakan jasa konsultasi keteknikan bidang Teknik Mesin.
2. Berperan serta mewujudkan visi, misi dan tujuan Muhammadiyah dengan Melaksanakan Al-Islam dan kemuhammadiyahan.
3. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran bidang Teknik Mesin agar punya pengetahuan dasar yang cukup untuk menganalisis, menerapkan, memperbaiki terapan teknologi.
4. Melaksanakan penelitian bidang perancangan mesin, konversi energi, material, manufaktur dan perawatan.
5. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang penguasaan dan penerapan teknologi.
6. Melaksanakan kerjasama dengan institusi swasta dan pemerintah, serta industri untuk menaikkan efektifitas, efisiensi dan produktivitas kerja (daya saing) melalui UMSB inovasi teknologi.
7. Mengadakan pelatihan keahlian dan keterampilan bidang Teknik Mesin.
Website : Prodi S1 Teknik Mesin
Bobot Penilaian Akreditasi Program Studi :
No. | ELEMEN | INDIKATOR | Link |
1. | Kondisi Eksternal | Konsistensi dengan hasil analisis swot dan/atau analisis lain serta rencana pengembangan kedepan | |
2. | Profil unit npengelola program studi | Keserbacakupan Informasi dalam profil dan konsistensi antara profil dengan data dan informasi yang disampaikan pada masing-masing kriteria | |
3. | kriteria - Visi Misi, Tujuan dan strategi. indikator Kinerja Utama | kesesuaina Visi, Misi, Tujuan dan Strategi (VMTS) unit pengelolaan program studi (UPPS) terhadap VMTS perguruan tinggi (PT) dan Program Studi (PS) yang dikelola | |
4. | mekanisme dan keterlibatan pemangku kepentingan dalam penyusunan VMTS UPPS | ||
5. | pemahaman Vis, Misi, Tujuan, dan sasaran program studi oleh seluruh pemangku kepentingan internal, sivitas akademika dan tenaga kependidikan | ||
6. | |||
7. | tata pamong, tata kelola dan kerjasama. indikator kinerja utama. sistem tata pamong | ||
8. | kepemimpinan dan kemampuan manajerial | ||
9. | kerjasama | ||
10. | |||
11. | Indikator Kinerja Tambahan | ||
12. | Evaluasi Capaian Kinerja | ||
13. | Mahasiswa, Indikator Kinerja Utama | ||
14. | Daya Tarik Program Studi | ||
15. | Layanan Kemahasiswaan | ||
16. | Sumber Daya Manusia, indikator kinerja utama, profil dosen | ||
17. | Kinerja Dosen | ||
18. | Pengambangan Dosen | ||
19. | Tenaga Kependidikan | ||
20. | Keuangan, Sarana dan Prasarana. indikator kinerja utama, keuangan | ||
21. | Sarana dan Prasarana. | ||
22. | Pendidikan, indikator kinerja utama, kurikulum | ||
23. | Karakteristik proses pembelajaran | ||
24. | Rencana Proses Pembelajaran | ||
25. | Pelaksanaan Proses Pembelajaran | ||
26. | Monitoring dan Evaluasi Proses Pembelajaran | ||
27. | Penilaian Pembelajaran | ||
28. | Basic Sciences dan matematika | ||
29. | proyek rekayasa penciri bidang prodi (capstone design) | ||
30. | Merdeka Belajar Kampus Merdeka | ||
31. | integrasi kegiatan penelitian dan pkm dalam pembelajaran | ||
32 | Suasana Akademik | ||
33 | Kepuasan Mahasiswa | ||
34. | Penelitian, Indikator Kinerja Utama, Relevansi Penelitian | ||
35 | Penelitian Dosen dan Mahasiswa | ||
36 | Pengabdian Kepada Masyarakat, indikator kinerja utama, relevansi PKM | ||
37 | PKM Dosen dan Mahasiswa | ||
38 | luaran dan capaian Tridharma, indikator kinerja utama, luaran Dharma pendidikan | ||
39 | Luaran Dharma Penelitian dan PKM | ||
40 | Penjaminan Mutu, Keberadaan unit penjaminan dan komitmen pimpinan | ||
41 | ketersedian dokumen dan pengakuan mutu eksternal | ||
42 | keterlaksanaan penjaminan mutu dan audit mutu internal | ||
43 | kepuasan pemangku kepentingan | ||
44 | program pengembangan berkelanjutan, analisis SWOT | ||
45 | tujuan strategi pengembangan | ||
46 | program pengembangan berkelanjutan | ||
47 | |||
48 | |||
49 | |||
50 | |||
51 | |||
52 | |||
53 | |||
54 | |||
55 | |||
56 | |||
57 | |||
58 | |||
59 | |||
60 | |||
61 | |||
62 | |||
63 | |||
64 | |||
65 | |||
66 | |||
67 | |||
68 | |||
69 | |||
70 | |||
71 |