• Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi

  • Facebook Fakultas Teknik UM Sumbar

  • Instagram Fakultas Teknik UM Sumbar

Bimbingan Teknis Administrasi Persuratan Berbasis Web

Bukittinggi, FTUMSUMBAR – Dalam upaya meningkatkan mutu dan pelayanan Fakultas, Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat laksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Administrasi Persuratan Berbasis Web yang diikuti oleh karyawan masing-masing Fakultas di UM Sumatera Barat. Bimtek ini dilaksanakan selama dua hari di dua tempat berbeda (29/3) di kampus I Padang, dan (30/3) di kampus III Bukittinggi.

Kepala Biro UM Sumatera Barat Alfizal, S.E mengatakan sebagai kampus milenial UM Sumatera Barat tentunya perlu mengikuti arus pekembangan teknologi dan informasi yang bersifat positif. Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, kali ini kita akan beralih dari admistrasi persuratan manual  kepada layanan berbasis Web.

Harapanya jika sistem ini terlaksana akan memudahkan pekerjaan karyawan, dan mempersingkat waktu pengurusan administrasi persuratan. Sistem ini sudah terlebih dahulu dilakukan oleh Fakultas Teknik, benar saja waktu yang dibutuhkan dalam keperluan administrasi persuratan dapat diselesaikan hanya dalam hitungan menit saja, ungkap Alfizal.

Bimtek ini dilakukan untuk berbagi ilmu yang sudah diterapkan Fakultas Teknik kepada Fakultas yang lain di kampus ini, setelah kegiatan ini selesai diharapkan peserta dapat menerapkan dan mensosialisasikan ilmu yang sudah didapat selama Bimtek di Fakultas masing-masing, sesuai dengan harapan Rektor agar sistem ini segera diterapkan Fakultas paling tidak pada tahun ajaran baru, tuturnya.

Hariyadi, S.Kom., M.Kom Wakil Dekan Fakultas Teknik UM Sumatera Barat sebagai pelopor admistrasi berbasis web dikampus ini menuturkan pentingnya hijrah dari cari sistem manual ke versi adminstrasi berbasis web. Sebagai contoh saat akan memasuki tahun ajaran baru kita akan disibukan dengan adminstrasi seperti membuat SK mengajar, jika dilakukan secara manual akan membutuhkan waktu yang cukup lama belum lagi jika ada kesalahan dalam pembuatan SK tersebut.

Dengan sistem ini menerbitkan SK mengajar dosen dapat dilakukan dalam waktu kurang dari satu menit, tidak hanya itu sistem ini bisa digunakan untuk keperluan adminstrasi lainya seperti permintaan surat dari mahasiswa, dan lainya tutur Hariyadi.

SHARE KE: