• Jln. By Pass Aur Kuning No.1 Bukittinggi

  • Facebook Fakultas Teknik UM Sumbar

  • Instagram Fakultas Teknik UM Sumbar

Mahasiswa Studi Independen Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UM Sumbar Me-Launching 2 Aplikasi

Bukittinggi, ft.umsb.ac.id – Bertempat di Convention Hall Yunahar Ilyas kampus III UM Sumbar, Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik melaksanakan launching aplikasi karya mahasiswa studi independen kampus merdeka yaitu Aplikasi Umstatika yaitu Aplikasi Untuk mempermudah dalam menghitung Statika statis tertentu pada pembelajaran statika mekanika bahan dan Aplikasi MyRAB yaitu aplikasi untuk mempermudah dalam menghitung RAB pembangunan rumah sederhana. Sabtu, 13 Agustus 2022.

Hadir dalam kegiatan ini yakni Dekan Fakultas Teknik Masril, MT, Wakil Dekan Hariyadi, M.Kom, Ka-Prodi Teknik Sipil Helga Yermadona, S.Pd MT, Sekretaris Prodi Teknik Sipil Elfania Bastian, MT, Dosen Beserta Mahasiswa dan tamu undangan  siswa dan guru SMK Negeri 1 Bukittinggi.

Dekan Fakultas Teknik Masril, MT dalam sambutannya yang sekaligus membuka acara mengatakan bahwa studi independent ini merupakan turunan dari Program Kampus Merdeka dari Kemdikbud RI. Ini merupakan kedua kalinya Fakultas Teknik ambil bagian dalam program ini dan alhamdulillah hasilnya seperti yang kita lalui saat ini yakni mahasiswa berhasil me-launching aplikasi yang hadir dari buah pemikiran mahasiswa tersebut.

Besar harapan aplikasi ini dapat segera terimplementasi di Fakultas, dan juga bagi Fakultas dan prodi lain semoga hal ini menjadi penyemangat untuk terus berkarya dan memunculkan hal baru di Fakultas sehingg dapat bersaing dengan Universitas lainnya, tambahnya.

Ka-Prodi Teknik Sipil Helga Yermadona, S.Pd MT dalam sambutannya menyampaikan bahwa Besar harapan kedepan makin banyak lahir developer-developer handal dari UM Sumbar yang bisa membuat berbagai aplikasi yang dapat membantu dunia pendidikan dan hal ini juga diharapkan menjadi lecutan semangat bagi mahasiswa lainnya untuk bisa menghasilkan karya-karya terbaik lainnya.

Sedangkan guru pendamping SMK Negeri 1 Bukittinggi M Yahya Almursid mengatakan aplikasi ini akan sangat membantu metode pembelajaran di sekolah dan merupakan bantuan untuk kami guru2 di SMK dalam belajar. Harapannya kedepannya aplikasi ini disesuaikan untuk kebutuhan di sekolah maupun di dunia industry sehingga bisa dipakai kalayak ramai.

Juga harapannya kerjasamana dengan Fakultas Teknik terus berjalan baik karena ini juga merupakan pengalaman baru dan menjadi motifasi bagi siswa kami untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi. Kedepannya bukan hanya kami menghadiri undangan dari Fakultas Teknik saja tapi juga mau mengundang dosen disini untuk menjadi guru tamu di SMK Negeri 1 Bukittinggi.

Aplikasi yang dilaunching kali ini sebanyak 2 aplikasi, 1 buah aplikasi khusus Mobile yang hanya bisa diakses melalui smartphone, sedangkan 1 aplikasi lainnya bisa diakses melalui Personal Computer (PC). Mahasiswa yang terlibat dalam studi Independen kampus merdeka  yaitu Aplikasi My RAB Miral Akbar, Ilham Perdana, Rekha Wulandari Putri Yuda dan Aplikasi Umstatika yaitu Chendra Amigo, Ade Putra Irawan, Ryan Elvian Susandy, Suci Lestari, serta pembimbingnya yaitu Helga Yermadona, S.Pd MT, Elfania Bastian, MT, Zuheldi, MT, dan Jon Hafnil, MT

SHARE KE: